August 29, 2008

Istilah dalam Notebook

Fingerprint Reader; Rata-rata,untuk kelas note book menengah atas sudah disediakan fungsi Fingerprint Reader ini. Dimana berfungsi sebagai salah satu alat sekuritas yang utamanya digunakan ketika logon. Hal ini sebagai pengganti dari yang biasanya hanya dengan mengetikkan nama dan password saja.

PC Card; Kartu ekspansi yang biasanya digunakan pada notebook, sehingga notebook t,ersebut memiliki fungsi - fungsi baru , seperti WLAN, Bluetooth, Sound , dan yang lain-lainnya. PC Card ini terbagi menjadi tiga jenis. Type I, Type II, dan Type III. Perbedaan bentuk diantara ketiganya, hanya berada pada tingkat ketebalan tiap card.
Type I yang memiliki ketebalan 3,3 mm biasanya digunakan sebagai kartu memory.
Type II yang memiliki ketebalan 5 mm biasanya digunakan untuk alat-alat yang berfungsi
sebagai I/O, seperti modem , LAN , dan lain-lainnya.
Type III dengan ketebalan 10,5 mm biasanya digunakan untuk alat seperti micro drive atau
komponen lainnya yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.

SO-DIMM; Kependekan dari Small Outline DIMM, merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang
biasanya digunakan pada komputer notebook. SO-DIMM terbagi menjadi dua jenis.
Pertama untuk jenis yang memiliki jumlah pin sebanyak 72 pin. Ia merupakan memory ber-interface 32-bit. Sedangkan untuk jenis 144 pin adalah memory yang interface 64 bit.

TFT LCD; Penggunaan teknologi thin -film transistor pada Liquid Crystal Display. Penggunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projector, monitor LCD, bahkan mulai pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televisi.

Touchpad; Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada komputer laptop. Fungsinya sebagai penggerak kursor pada monitor, melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut. Dengan fungsi ini pula, touchpad ini digunakan sebagai pengganti mouse.Dari ukuran, biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda, tetapi biasanya tidak lebih dari 50 cm2. Perkembangan Touchpad ini juga terus berlangsung, yang kini bukan hanya sebagai penggerak kursor, tapi juga memiliki fungsi untuk scroll maupun zooming suatu dokumen tertentu.

WXGA; Standar tampilan display dengan resolusi 1280 x 768 pixel. Berbeda dengan XGA (Extended Graphics Array) yang memiliki resolusi 1024 x 768 pixel, ia memiliki aspect ratio 4:3. Sedangkan, Wide XGA akan menampilkan display dengan ratio 16:9 (wide screen). Penggunaannya lebih cocok untuk wide screen presentasi ataupun menonton film format wide screen. Juga berguna saat mengerjakan spreadsheet, lagipula sangat sesuai dengan sudut pandang mata manusia.



No comments: