August 29, 2008

Istilah dalam MOTHERBOARD

CHIPSET; Chip atau Chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan intruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor Anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard, misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi yang lainnya.

FSB (Front Side Bus); Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Dan juga digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

HSF ( Heat Sink Fan); Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari alumunium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.

IDE ( Integrated Drive Electronics); Sebuah type hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk,CDROM, dan drive tape pada sebuah PC.IDE sangat populer dan banyak digunakan karenan menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

IDE Controller; Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk ,CDROOM dan sebagainya serta me-management nya.

NORTHBRIDGE; Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memori system dan bus AGP dan PCI.Chip lainnya adalah southbridge.

PATA/ATA; Parallel Advanced Technology Attachment, yakni sebuah implementasi komunikasi data secara paralel dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data sebesar 8-bit.

SAT
A ( SERIAL ATA) ; Suatu evolusi dari Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan singel kabel dengan minimum 4 kawat dan terhubung secara point to point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.

SOUTHBRIDGE; Salah satu dari dua chip pada chipset motherboard, yang mengontrol bus IDE,USB, Plug and Play, dan sebagainya.
(Sumber Wikipedia dan PCMedia)

No comments: